Panduan Menulis Artikel Lengkap

Cara Menulis Artikel Olah Raga yang Menarik

Cara Menulis Artikel Olah Raga yang Menarik - Coba anda buka detik.com atau okezone, pasti setiap hari akan ditemukan berita tentang olah raga, apakah itu sepak bola, bulu tangkis, motogp, F1, tinju, dan lain-lain. Selain berita olah raga, kita pun akan menemukan artikel yang mengulas tentang sebuah pertandingan olah raga. Kebanyakan tentang sepak bola.

Sebenarnya ketika kita mengetikan kata "artikel olahraga" di Google, kita akan disuguhi hasil pencarian tentang artikel-artikel tentang sejarah sebuah olah raga, atau teori-teori, atau teknik-teknik olah raga. Tapi pada artikel di sini, yang dimaksud dengan artikel olah raga adalah artikel yang mengulas sebuah pertandingan, prediksi sebuah pertandingan.

Saya ingin berbagi sedikit teknik, bagaimana saya menulis artikel prediksi sebuah olah raga, atau ulasan hasil sebuah even olah raga. Biasanya saya menulis tentang olah raga otomotif, motogp. Tahu, kan, motogp? Pasti anda tahu, juaranya tahun ini pun pasti anda tahu. Yes, Marc Marquez, si nomor 93, yang sering disebut Baby Allien, karena kehebatan talentanya.

Cara Menulis Artikel Olah Raga

Cara Menulis Artikel Olah Raga yang Menarik Pembaca

Nah, sekarang saya tidak akan menulis artikel berdasarkan riset, tapi saya akan menuliskan pengalaman sendiri, bagaimana cara menulis artikel olah raga yang menarik. Oke kita langsung saja, ya:
Baca Juga : Cara Menulis Artikel Kuliner yang Menarik

1. Menulis Dari Olah Raga yang Disukai

Kita menulis ulasan atau prediksi tentang olah raga yang kita sukai. Ini akan lebih mudah dalam menuangkan pikiran kita dalam artikel. Kalau kita suka menonton sepak bola, tulis saja artikel tentang sepakbola. Misalnya, Prediksi Barca Vs Madrid, Kenapa Madrid Kalah dari Barcelona, itu contohnya. Jangan menulis artikel olah raga yang tidak anda sukai, itu akan sulit nantinya.

2. Bersikap Netral

Problemnya adalah ketika kita menyukai sebuah olah raga, terkadang kita pun fanatik dengan sebuah klub, seorang olahragawan. Misal, anda fanatik dengan Barcelona, anda fans Rossi atau Marc Marquez. Ini bisa membuat tulisan anda tidak netral. Maksudnya, kalau anda menulis artikel prediksi sepakbola antara Barcelona Vs ...... , anda akan cenderung melihat kelebihan Barcelona saja, tanpa melihat sisi kelemahannya. Kalau anda penggemar Rossi, misal anda akan menulis sebuah race motogp, anda akan selalu mengunggulkan Rossi dan melupakan potensi pembalap lain.
Jangan Lewatkan : Contoh Artikel Berkualitas, Di Mana Mencarinya?
Padahal, sebuah artikel yang bagus adalah artikel yang mampu memaparkan dua sisi yang berimbang. Maka, ketika anda menulis artikel olah raga, harus berusaha netral, agar tulisan anda menjadi benar-benar dianggap mempunyai analisa yang rasional. Tidak emosional.

3. Lengkapi Dengan Data

Ini juga penting, lengkapi dengan data yang benar. Contohnya, anda akan menulis tentang race motogp di sirkuit Sepang. Kita bisa menuliskan siapa yang paling sering jadi juara di sana, Rossi berapa kali meraih podium di sana, Marquez berapa kali meraih podium di sana, tahun lalu siapa yang juara di sana - itu data-data yang bisa menjadi dasar artikel olah raga yang anda tulis.

Nah, 3 hal itu saja tentang cara menulis artikel olah raga yang menarik. Lainnya bisa anda temukan sendiri teknik-tekniknya, sesuai gaya menulis masing-masing. Semoga bermanfaat. Selalu kunjungi Panduan Menulis Artikel untuk referensi menulis artikel.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menulis Artikel Olah Raga yang Menarik

0 komentar:

Posting Komentar