Panduan Menulis Artikel Lengkap

Contoh Artikel Berkualitas, Di Mana Mencarinya?

Contoh Artikel Berkualitas, Di Mana Mencarinya? - Artikel yang mempunyai kualitas yang baik bisa kita baca di blog-blog atau media cetak yang juga selalu menjaga kualitas produknya. Mereka mempunyai standar yang selalu diterapkan bila hendak mempublish konten-kontennya.

Media online seperti blog atau media cetak yang open, menerima tulisan dari luar, mereka tak pernah kehabisan stok artikel dengan kualitas yang bagus juga menarik, enak pula dibacanya. Ringan namun berkualitas. Bersih dari artikel hoax atau artikel yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Bersih dari artikel provokatif dan SARA.

Artikel-artikel berkualitas kita bisa mencarinya di media online/blog mana? Media cetak, koran atau majalah apa yang kualitas artikel-artikel yang dimuatnya berkualitas bagus? Kalau kita sudah mengetahuinya, maka bisa kita jadikan sebagai contoh. Sebagai referensi, kita pelajari sehingga kita punya kesimpulan, oh ternyata artikel yang berkualitas itu begini, begini, begini ...

Contoh Artikel Berkualitas, Di Sini Mencarinya

Kali ini Panduan Menulis Artikel mencoba akan memberikan beberapa referensi tempat kita mencari contoh artikel yang kualitasnya bagus.

Contoh Artikel Berkualitas di Media Cetak

Sebelum populer dunia online, media cetak berupa majalah atau koran, menjadi tempat mempublikasikan artikel. Banyak media cetak yang sampai sekarang masih bertahan, meski mereka juga sudah didampingi oleh versi onlinenya. Tak sedikit yang sudah almarhum tak mampu bertahan karena pasar media cetak yang terus menyusut.

Nah, di bawah ini media cetak di mana kita bisa mencari contoh artikel yang baik:

1. Majalah Tempo

Sempat dibredel oleh pemerintah Soeharto, setelah era reformasi majalah Tempo bisa gidup kembali dan bertahan sampai kini. Berita- berita yang dimuat majalah Tempo selalu mendalam, kritis, namun tetap enak dibaca. Malah berita Tempo ditulis dengan gaya yabg khas.

Contoh Artikel Berkualitas

Artikel Tempo biasa dimuat dalam rubrik Kolom. Yang menulisnya pun penulis-penulis terkenal, yang kompeten di bidangnya. Sangat sulit menembus Tempo apalagi bagi penulis pemula. Tapi itu menjadikan artikel-artikel yang dimuat Tempo selalu terjaga kualitasnya.
Baca Juga : Cara Menulis Artikel yang Berkualitas
Ada juga artikel-artikel khusus dari Goenawan Moehamad yang selalu muncul di halaman terkahir majalah Tempo. Catatan Pinggir sangat digemari oleh pembaca Tempo karena kekhasan tulisannya.

2. Majalah Gatra

Para pendiri majalah Gatra adalah eks awakTempo ketika dibredel. Sebagian mendirikan Gatra, sebagian bertahan dan menghidupkan Tempo kembali. Tak usah dijelaskan panjang, Gatra ini mirip dengan majalah Tempo. Kualitas artikel pada Kolom mereka tak kalah dengan Tempo.

3.Koran Tempo

Koran Tempo ini anak perusahaan Tempo. Kalau majalah Tempo terbit mingguan, sedangkan Koran Tempo terbit harian. Artikel pada rubrik opini yang ditulis para penulis terkenal tak usah diragukan untuk kita jadikan contoh artikel berkualitas.

4. Koran Kompas

Artikel-artikel yang dimuat di koran harian terbesar di Indonesia ini sangat beragam dan bisa kita cermati sebagai contoh artikel yang berkualitas. Semua tema hampir ada di Kompas.

5. Majalah Intisari

Smart Inspiring begitu majalah Intisari menyebut dirinya. Majalah bulanan tertua di Indonesia yang dirintis oleh Jakob Oetomo pemilik Kompas ini, berisi artikel-artikel dengan beragam tema yang kualitas artikelnya bagus.
Baca Juga : Cara Menulis Artikel Travelling yang Menarik
6. Koran-koran Daerah

Koran-koran yang terbit di berbagai provinsi seperti Pikiran Rakyat di Jawa Barat, Kedaulatan Rakyat di Jogja, Merdeka di Jawa Tengah, Jawa Post di Jawa Timur dan lain- lain,  Rata-rata mereka menyajikan artikel dengan kuakitas bagus.

Contoh Artikel Berkualitas di Media Online

Berbeda dengan media cetak yang jumlahnya bisa dihitung dengan mudah, media-media online, blog/website, jumlahnya sangat banyak. Ribuan bahlan jutaan blog dengam niche dan kualitas yang beragam. Agak susah juga kita mencari blog yang berisi artikel-artikel yang berkualitas. Ini versy saya, anda bisa mencari yang lainnya:

1. Maxmanroe

Dengan tampilan yang sangat bagus, maxmanroe.com juga diisi dengan konten-konten artikel yang berkualitas. Niche blog ini seputar bisnis.

2. Struktur Kode

Blog yang bertahan memakai blogspot ini (strukturkode.blogspot.com) diisi artikel-artikel SEO yang berkualitas. Kita bisa menemukan artikel yang sangat bermanfaat terutama oleh mereka yang sedang belajar membuat blog.

3. Cara Pedia

Blog carapedia.com pun menurut saya merupakan salah satu blog yang diisi dengan artikel-artikel berkualitas. Isinya tentang tutorial berbagai hal yang menarik.

4. Blog Mas Sugeng

Blog massugeng.id ini juga diisi dengan artikel-artikel yang bagus, bisa kita jadikan contoh bagaimana artikel berkualitas untuk mengisi konten blog. Bahasanya sederhana dan sangat detil. Anda layak belajar dari blog ini.

5. Detik dan Kompas

Versi dari detik.com di sana ada menu opini yang diisi dengan artikel-artikel yang kualitasnya bagus. Di kompas.com ada rubrik kompasiana yang berisi artikel-artikel yang kualitasnya baik.

Nah, sekian dulu artikel tempat mencari contoh artikel yang berkualitas. Semoga saja bermanfaat bagi pembaca semua. Selamat beraktifitas menulis artikel, salam sukses. Happy blogger!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Artikel Berkualitas, Di Mana Mencarinya?

0 komentar:

Posting Komentar