Panduan Menulis Artikel Lengkap

Cara Membuat Artikel yang Enak Dibaca

Cara Membuat Artikel yang Enak Dibaca - Sering ya kita menemukan artikel yang ketika dibaca terasa mengalir, tidak membosankan dan membuat penasaran untuk membacanya sampai selesai. Artikel-artikel karya Emha Ainun Nadjib, contohnya, termasuk artikel yang enak dibacanya, meski tema yang dibahasnya termasuk berat. 

Memang, artikel yang baik adalah membuat pembaca merasa ringan dalam membacanya, ringan dalam mencerna atau memahaminya. Rata-rata orang kan malas membaca artikel. Kenapa? Karena enggak ada gambarnya, hehehe. Emangnya, komik!

Tapi, ketika membaca artikel-artikel Emha Ainun Nadjib, rasanya enak gitu, lho. Mengalir dan tahu-tahu selesai kita baca itu artikel. Kenapa, ya? Utamanya karena memang Emha bukan baru satu atau dua tahun dalam menulis artikel. Beliau sudah puluhan tahun rutin setiap hari menulis artikel. Jadi, keterampilan dalam menulis artikelnya sudah sangat terasah.

Lalu, kita pun pasti berpikir, bagaimana ya cara menulis artikel yang enak dibaca seperti artikel-artikel Emha Ainun Nadjib? Pingin rasanya menulis artikel yang demikian.  Adakah Panduan Menulis Artikel yang bisa meniru artikel beliau?

Cara Membuat Artikel yang Enak Dibaca

Apa pendapat anda tentang artikel-artikel Emha Ainun Nadjib sehingga kita menyimpulkan artikel-artikel beliau itu menarik?
  1. Enak dibaca;
  2. Kaya gagasan-gagasan baru;
  3. Tidak menggurui;
  4. Mudah dipahami;
  5. Bahasanya ringan;
  6. Kadang lucu;
  7. Struktur artikelnya sistematik banget;
  8. Mengajak berpikir;
  9. Dan lain-lain, anda bisa menemukan puluhan kelebihan-kelebihan dari artikel beliau.

Cara Membuat Artikel yang Enak Dibaca

Enak dibaca dan perlu, slogan majalah Tempo, ada benarnya untuk menggambarkan artikel yang menarik untuk dibaca sampai tuntas. Dan seharusnya memang demikian, apalah gunanya sebuah artikel kalau tidak menarik untuk dibaca. Gagasan kita tidak sampai ke orang banyak. Artikel yang kita buat harus enak dibaca agar menarik minat sang pembaca menyelesaikannya sampai kata terakhir di alinea terakhir.
Baca Juga : Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik
Nah, kali ini kita akan coba kupas bagaimana  cara membuat artikel yang enak dibaca dan tentu saja isinya menarik.

1. Artikel harus berisi gagasan baru yang belum ditulis oleh orang lain, mungkin juga gagasan yang unik, nyeleneh atau langka;

2. Ditulis menggunakan bahasa yang tidak kaku, dengan gaya populer agar pembaca merasa tidak harus mengerutkan kening untuk memahami isi artikel;

3. Ditulis dengan kalimat- kalimat yang pendek;

4. Ditulis dengan paragraf- paragraf yang pendek;

5. Diselingi humor;

6. Artikel tidak terlalu panjang,  namun padat berisi;

7. Struktur artikelnya tersusun rapih;

8. Paparan gagasan dalam artikel harus jelas, spesifik, tidak meluas ke mana-mana.

9. Setiap penulis mempunyai gaya sendiri dalam menulis artikelnya, sehingga mempunyai ciri khas sendiri, berbeda dengan yang lain. Maka kita harus menulis artikel dengan gaya kita sendiri.
Baca Juga : Mengapa Anda Sulit Menulis Artikel, Ketahui Penyebabnya
Namun tentu saja tidak serta merta kita bisa begitu saja dapat membuat artikel yang enak dibaca dan menarik meskipun kita mengikuti 9 cara di atas. Kita tetap mesti berlatih, rajin mengedit artikel yang kita buat. Lambat laun kita bisa. Mungkin bisa meniru Emha Ainun Nadjib dalam menulis artikel yang enak dan menarik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Artikel yang Enak Dibaca

0 komentar:

Posting Komentar